PENTINGNYA EVALUASI PELATIHAN PUBLIC EDUCATION PROGRAM PADA MARKPLUS.INC MANADO

Rattu, Nathaya Syahid (2017) PENTINGNYA EVALUASI PELATIHAN PUBLIC EDUCATION PROGRAM PADA MARKPLUS.INC MANADO. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (29kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai dampak pelatihan Public Education Program MarkPlus.Inc Manado pada PT Pegadaiandan bertujuan untuk mengetahui seperti apa dampak Public Education Program pada tenaga pemasaran di PT Pegadaian Manado. Penelitian ini berlokasi Kantor Wilayah V PT. Pegadaian Manado dengan infroman Deputy Oprasional, Bagian SDM, dan Pegawai Pemasaran, dengan waktu penelitian selama 2 bulan sejak April sampai Juni 2017. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dokumen pendukung, dan observasi langsung di lapangan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan dampak dari pelatihan Public Education Program sendiri sangat baik bagi pegawai pemasaran PT. Pegadaian Kanwil V Manado menurut informan 1 dan informan 2 akan tetapi menurut informan 3 dampak positifnya akan lebih maksimal ketika pelatihan Public Education Program dilaksanakan setiap satu bulan sekali. Peneliti juga menemukan bahwa MarkPlus.Inc tidak melakukan evaluasi yang jelas untuk mengukur tingkat keberhasilan dari pelatihan Public Education Program. Dari segi harga sendiri menurut peneliti terbilang mahal sehingga pelatihan Public Education Program masih sulit untuk di jangkau oleh perorangan maupun UKM-UKM yang masih kurang dari segi ilmu dan kompetensi dalam pemasaran. Melalui proses pengumpulan data lewat observasi, wawancara dan dokumen pendukung peneliti menyimpulkan bahwa dampak dari pelatihan Public Education Program sendiri sangat baik khususnya bagi pegawai pemasaran PT. Pegadaian yang telah mengikuti pelatihan Public Education Program. Pegawai pemasaran menjadi lebih termotivasi dalam menjual produk dari PT. Pegadaian dan lebih meningkat dari segi kompetensi, namun sayangnya tidak ada evaluasi yang jelas pada pemberian pelatihan ini. Peneliti merekomendasikan agar MarkPlus.Inc Manado untuk mulai menggunakan fasilitator lokal yang semoga dapat menurunkan harga pelatihan dan membuat evaluasi yang di khususkan untuk melihat tingkat keberhasilan pelatihan yang diberikan kepada pegawai pemasaran.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Pelatihan, Public Education Program MarkPlus.Inc, Pegadaian
Subjects: C Business Management and Administration > CE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Niaga > Jurusan Administrasi Bisnis
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 01 Feb 2018 11:25
Last Modified: 01 Feb 2018 11:36
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item