QUALITY CONTROL DAN METODE PELAKSANAAN SUBGRADE PADA PROYEK JALAN TOL MANADO-BITUNG CSU 01

HARJANTO, Febiola Stephani Debora (2017) QUALITY CONTROL DAN METODE PELAKSANAAN SUBGRADE PADA PROYEK JALAN TOL MANADO-BITUNG CSU 01. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
BAB 1.docx

Download (11MB)
[img] Text
daftar isi.docx

Download (28kB)

Abstract

Peningkatan arus lalu lintas pada ruas jalan Manado-Bitung mengakibatkan pengurangan aksesibilitas yang berimplikasi positif pada waktu tempuh. Untuk memudahkan pergerakan lalu lintas pada ruas jalan Manado- Bitung, pemerintah membangun jalan alternatif yang bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan, meningkatkan aksesibilitas dan kapasitas jaringan jalan. Pembangunan jalan alternatif Manado-Bitung direalisasikan pada proyek pembangunan jalan tol sepanjang 39 km yang dibagi dalam beberapa segmen. Adapun maksud dari penulisan tugas akhir ini adalah melakukan Quality Control pada proyek Toll Road Development Project of Manado-Bitung CSU-01, pada pengujian di laboratorium, pekerjaan timbunan tanah dan pengujian beton. Quality control pada pekerjaan tersebut bertujuan untuk mencari nilai CBR, γd, ωoptimum, nilai kepadatan lapangan dari tanah timbunan, sifat fisis dan sifat mekanis agregat pada beton tipe SCC (Self Compacting Concrete). Untuk melakukan quality control di proyek Toll Road Development Project of Manado-Bitung CSU-01 pada pengujian di laboratorium, pekerjaan timbunan tanah dan pengujian beton, semuanya berdasarkan SNI, spesifikasi tol Indonesia, ASTM, AASTHO, ACI dan EFNARC. Quality Control yang dilakukan meliputi metode pelaksanaan, metode pengujian, material yang digunakan dan hasil pengujian. Adapun hasil pengujian yang dilakukan adalah nilai γd STA 1+000 adalah 1,487 gr/cm3, STA 1+200 adalah 1,332 gr/cm3 dan STA 1+575 adalah 1,542 gr/cm3. nilai CBR desain STA 1+000 adalah 51%, STA 1+200 adalah 31%, STA 1+575 adalah 46%, pengujian sand cone STA 1+175 kepadatannya adalah 95,43% dengan kadar air 20,30%. Absorbsi pasir Tendeki adalah 9,463%, berat jenis jenuh permukaan kering dari pasir Tendeki adalah 2,320, berat jenis curah adalah 2,120, berat jenis semu adalah 2,652. Tes flow beton tipe SCC adalah 57 cm dan 54 cm. Kuat tekan beton rata-rata pada umur 3 hari adalah 18,82 Mpa, pada 7 hari adalah 26,7 Mpa dan pada 28 hari adalah 37,25 Mpa Dari hasil pengujian di atas diambil kesimpulan bahwa kepadatan tanah di laboratorium didapat nilai γd dari tiga quarry tanah untuk daerah timbunan memiliki hasil yang beragam. Hasil pengujian sand cone pada STA 1 + 175 telah memenuhi standar ≥ 95%. Namun untuk hasil pengujian kadar air setelah pemadatan di atas kadar air optimum yaitu 17,8%. Sedangkan syarat rentang kadar adalah -3% dan +1% dari kadar air optimum. Pasir Tendeki dapat digunakan pada beton tipe SCC, karena hasil uji kuat tekan beton telah menunjukan bahwa penggunaan pasir tersebut dapat menghasilkan kekuatan yang baik dan sesuai standar, walaupun berat jenis dan penyerapan dari pasir Tendeki tidak memenuhi standar.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Jalan Tol, QUALITY CONTROL, METODE SUBGRADE, MANADO-BITUNG CSU 01
Subjects: H Roads and Bridges > HE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Sipil
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 07 Apr 2018 09:25
Last Modified: 07 Apr 2018 09:25
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/1516

Actions (login required)

View Item View Item