PENGARUH PEMANASAN BERULANG TERHADAP SIFAT FISIS ASPAL

Rangkang, Jeanely and Sondakh, Fery and Saerang, Enteng J. (2013) PENGARUH PEMANASAN BERULANG TERHADAP SIFAT FISIS ASPAL. Prosiding Hasil Penelitian Terapan Politeknik Negeri Manado Tahun 2013, 1. pp. 1-18. ISSN 2354-8274

[img] Text
Prosiding Hasil PT_Pengaruh Pemanasan Berulang Terhadap Sifat Fisis Aspal.pdf

Download (870kB)

Abstract

Aspal merupakan bahan thermoplastic atau suatu bahan yang peka terhadap temperatur. Hal ini yang menyebabkan sifat fisis aspal sensitif terhadap temperatur. Sifat fisis aspal yang meliputi: durabilitas, adhesi dan kohesi, kepekaan terhadap temperatur, serta pengerasan dan penuaan, merupakan hal mendasar yang berpengaruh pada performance aspal dalam perkerasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemanasan berulang terhadap sifat fisis asphalt penetration grade 60/70 bulk, dari Kemaman Bitumen Company Sdn/Kemaman Oil Corporation Sdn Bhd,. Jenis aspal ini banyak beredar dan digunakan di Manado, Minahasa dan sekitarnya. Aspal dipanaskan berulang–ulang pada suhu  150 o C. Penetapan suhu  150 o C didasarkan pada suhu aspal pada proses pencampuran di asphalt mixing plant (AMP), dimana pada suhu tersebut, aspal dapat dipompa/mengalir dengan baik. Pengujian dilakukan setiap kali bahan aspal mengalami tindakan pemanasan, yaitu pada 1, 10, 20, 30 dan 40 kali, dengan jenis percobaan: penetrasi, berat jenis, titik nyala/bakar, kehilangan berat aspal, titik lembek, serta daktilitas. Hasil pengujian laboratorium mengacuh pada spesifikasi Bina Marga, sedangkan prosedur pengujian mengacuh pada Standar Nasional Indonesia (SNI), dengan modifikasi metode sesuai kondisi peralatan laboratorium. Hasil pengujian menunjukkan adanya perubahan nilai masing–masing jenis pengujian sebagai respons bertambahnya jumlah pemanasan. Jadi dapat direkomendasikan bahwa sifat fisis aspal berubah akibat pemanasan berulang. Dengan demikian kinerja perkerasan beraspal akan berubah sebagai akibat dari perubahan sifat fisis aspal. Penelitian ini sangat bermanfaat bagi perencana dalam mendapatkan gambaran kinerja perkerasan beraspal dalam memikul beban tekan, tarik dan gesekan akibat beban lalu lintas, serta keausan akibat gesekan roda kendaraan, jika aspal mengalami perubahan sifat–sifat fisisnya.

Item Type: Article
Depositing User: Ir. Jeanely Rangkang, M.Eng.Sc
Date Deposited: 11 Feb 2021 11:28
Last Modified: 11 Feb 2021 11:28
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2180

Actions (login required)

View Item View Item