PENGENDALIAN MUTU DAN METODE PELAKSANAAN RIGID PAVEMENT DENGAN ALAT CONCRETE PAVER WIRTGEN SP 500

Kalalo, Charles (2018) PENGENDALIAN MUTU DAN METODE PELAKSANAAN RIGID PAVEMENT DENGAN ALAT CONCRETE PAVER WIRTGEN SP 500. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
COVER,DAFTAR ISI , BAB I.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan jalan tol merupakan hal yang sangat membantu suatu daerah dalam segala aspek, baik aspek ekonomi, politik, maupun budaya. Faktor keamanan dan kenyamanan pengguna jalan adalah suatu hal terpenting dalam melakukan jarak tempuh dari suatu tempat ke tempat lain. Rigid pavement adalah model perkerasan jalan beton semen yang tentunya lebih baik kualitasnya dibandingkan perkerasan menggunakan material aspal, dan tentunya sangat cocok pada jalan tol. Pembangunan jalan tol Manado-Bitung yang ada di Sulawesi Utara menggunakan perkerasan jalan model perkerasan kaku (rigid pavement) atau perkerasan jalan beton semen yang dihampar dan dipadatkan menggunakan alat Concrete Paver Wirtgen SP 500 dan pengujian material di laboratorium untuk membuat Job Mix Formula (JMF) sebagai pengendalian mutu campuran beton rigid pavement. Pada jalan tol Manado-Bitung, rigid pavement memiliki lebar 9,2 m dan tinggi 0,3 m dan memiliki sambungan melintang menggunakan besi dowel Ø 32 mm (polos), panjang 700 mm, dengan jarak antar dowel 300 mm. Tie bar menggunakan besi Ø 16 mm (ulir), panjang 700 mm dengan jarak antar tie bar 500 mm. Adapun hasil data pengujian sebagai pengendalian mutu yaitu pengujian berat jenis dan penyerapan agregat halus absorpsinya sebanyak 10,555%, pengujian berat jenis dan penyerapan agregat kasar 5-10, 10-20, dan 20-30 absorpsinya sebanyak 1,463 %, 0,869 %, dan 0,787 %. Berat isi memadai, kadar air agregat halus sebanyak 16,54 %, kadar air agregat kasar 10-20 dan 20-30 sebanyak 4,31 % dan 1,75 %, keausan agregat menggunakan mesin los angeles sebanyak 18,3 %, analisa ayakan agregat halus masuk dalam spesifikasi, analisa ayakan agregat kasar masuk dalam spesifikasi dan pengujian kuat lentur beton memadai. Dengan mengikuti syarat yang ada dan metode pengerjaannya sesuai dengan spesifikasi, maka akan berdampak baik pada jalan tol dengan jenis perkerasan rigid pavement, sehingga pengguna jalan tol akan terasa aman dan nyaman dalam segi jarak tempuh yang singkat.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Rigid pavement
Subjects: I Building Construction > IE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Depositing User: Mrs Sarini Podomi
Date Deposited: 10 Sep 2021 12:52
Last Modified: 10 Sep 2021 12:52
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2323

Actions (login required)

View Item View Item