KAJIAN PERMASALAHAN PADA SISTEM REM TROMOL KHUSUSNYA DI SILINDER RODA KOMATSU GD405A SERTA SOLUSI PENANGANANNYA di PT. MARGA DWITAGUNA

TAKARIKISANG, NUGERAH ALPHA OMEGA (2019) KAJIAN PERMASALAHAN PADA SISTEM REM TROMOL KHUSUSNYA DI SILINDER RODA KOMATSU GD405A SERTA SOLUSI PENANGANANNYA di PT. MARGA DWITAGUNA. Mahasiswa thesis, Politeknik Negeri Manado.

[img] Text
ANUGERAH ALPHA OMEGA TAKARIKISANG CDB.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dengan berkembangnya teknologi sistem pengereman pun juga mengalami peningkatan sehingga rem tromol yang dulunya memiliki tinggkat efesiensi yang lebih rendah di bandingkan rem cakram mengalamin beberapa perubahan yang cukup berperan penting dalam bidang konstruksi maupun distribusi. Rem romol juga punya keuntungan dari ongkos produksi yang jauh lebih murah dari rem cakram. Namun di balik kelebihan pasti ada kekurangan yang tidak bisa di hindari, mulai dari mekanisme kerja, perawatan, atau pun cara pemakaian sehingga membuat penulis ingin menjelaskan lebih lagi tentang sistem kerja rem tromol terlebih khusus silinder roda. Silinder roda adalah salah satu komponen pendukung dalam sistem rem tromol yang membuat rem tromol menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya. Tujuan dari pembuatan tugas akhir ini adalah untuk mengkaji tentang indikasi terjadinya kerusakan pada sistem kerja silinder roda Grader GD405A dan solusi penanganannya. Penelitian ini dilakukan di PT. Marga Dwitaguna yang berlokasi di Bengkel Marga Kima menggunakan metodologi penelititan kualitatif dan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Sampel dari penelitian ini adalah mekanik yang ada di PT. Marga Dwitaguna. Dari penelitian ini, peneliti menyimpulkan bahwa ada 7 kerusakan yang dapat terjadi di silinder roda yaitu (1) Kerusakan karet pelindung, (2) Kebocoran Minyak Rem, (3) Keps piston bergerigi atau bocor, (4) Silinder baret, (5) dinding piston baret, (6) Korosi pada dinding piston, (7) Piston yang tersendat. Pada umumnya penyebab dari kerusakan tersebut karena korosi, usia pemakaian, ataupun masuknya benda-benda asing di silinder roda. Solusi untuk kerusakan tersebutpun cukup beragam tergantung dari tingkat kerusakannya. Jika kerusakannya di sadari lebih awal (atau kerusakannya masih kecil), bisa di perbaiki dengan mengamplas bagian-bagian tertentu atau melapisi kerusakan dengan TBA agar dapat memperbaiki kerusakannya. Tetapi, jika kerusakan disadari lebih lama dan sudah lebih fatal, solusi satu-satunya yaitu dengan mengganti bagian-bagian yang rusak.

Item Type: Karya Ilmiah (Mahasiswa)
Uncontrolled Keywords: Sistem Rem Tromol, Silinder Roda, Komatsu GD405A
Subjects: J Machine and Production > JE Tesis. Disertasi dan Skripsi
Divisions: Teknik > Jurusan Teknik Mesin
Depositing User: Mr Sonnie Marsabessy
Date Deposited: 24 Jun 2022 16:04
Last Modified: 24 Jun 2022 16:07
URI: http://repository.polimdo.ac.id/id/eprint/2536

Actions (login required)

View Item View Item